4 Ide Bullet Journal Spread Monthly Sederhana

Tahun 2022 ini merupakan tahun ke tiga aku aktif melakukan kegiatan journaling. Aku mengenal journal tahun 2019 ketika terapi dengan psikolog. Dari journal biasa atau yang biasa disebut nulis diary, sampai menemukan journaling seperti yang saat ini terkenal di kancah dunia.

Tadinya isi journaling yang aku tulis hanya berisikan catatan emosi yang aku alami, semacam diary emosi harian. Kemudian semesta menemukanku pada gaya journaling yang tren di luar negeri, di mana banyak dilakukan oleh orang dibelahan dunia manapun yang melakukan aktivitas journaling.

Journaling sendiri di dalamnya terbagi-bagi ke dalam banyak bagian. Jika kamu hanya mengenal diary yang berisikan curhatan panjang, maka dalam journaling bagian itu diberi nama journal page. Ada juga yang memberi nama morning/evening page, tergantung waktu kamu menulis journal tersebut.

Pada satu tahun setengah aku hanya melakukan journal seperti yg diatas. Hanya mengisi bagian journal page, yang kadang aku tulis malam dan atau pagi, sesempatnya aku. Aku menuliskan emosi yang aku rasakan, peristiwa yang terjadi di hari itu. Aku tidak menuliskannya dengan gaya ala-ala cerpen hehehe. Kutulis secara lugas saja.

Mengenal Bullet Journal Spread Monthly

Lima bulan kedepannya aku mengenal yang namanya Bullet Journal Spread dalam dunia journaling. Bullet Journal Spread adalah istilah yang digunakan pada satu halaman  Bullet Journal yang berisikan beberapa bagian untuk tata letak di halaman jurnal. Disebut dengan Bullet Journal Spread Monthly karena diatur (dibuat) bulanan, sebulan sekali satu halaman.

Bullet Journal Spread Monthly
Bullet Journal Spread Monthly

Membuat Bullet Journal Spread Monthly ini bisa bikin good mood melakukan aktivitas journaling loh. Karena melihat warna warni dan gambar konsep yang kita bikin berbeda antara setiap bulannya. Apa lagi buat aku yang memang dasarnya suka menggambar, maka sesi membuat Spread Monthly jadi bagian favorit yang menyenangkan.

Ada kekurangannya, yaitu ribet. Bingung menentukan “konsep apa”, “yang seperti apa”, yang akan kita buat untuk menghiasi Spread Monthly bulan selanjutnya. Tapi untungnya ini terbantu dengan adanya pinterest. Pinterest jalan ninja mencari inspirasi Bullet Journal Spread Monthly yang bisa kita buat.

Semua pecinta Bullet Journal (Bujo) menghadapi masalah ini, setidaknya sebulan sekali. Tapi ini sebenarnya merupakan masalah yang menyenangkan. Menemukan ide Bullet Journal Monthly itu menyenangkan loh. Dan tenang… Sekarang kamu dapat memiliki ide untuk Bullet Journal Spread Monthly di artikel ini.


Ide Bullet Journal Monthly Sederhana

Ide Bujo yang aku buat ini kategori pemula, konsep sederhana yang dapat dilakukan oleh orang yang tidak bisa gambar sekalipun. Juga dengan menggunakan alat-alat yang sederhana. Tidak bisa dipungkiri ya, semakin bagus Bujo Monthly semakin banyak alat dan itu memerlukan uang yang tidak sedikit.

Ketimbang pusing lalu jadi tidak membuat Bullet Journal Monthly dan gagal nge-journaling, yuk langsung aja simak 4 Ide Bullet Journal Spread Monthly Sederhana berikut:

1. Bullet Journal Monthly September

Bullet Journal Monthly September

Desain sederhana ini mengandalkan dua warna stabilo yang kamu punya. Cukup hiasi menggunakan dua warna tersebut. Tadaaa jadi. Aku menambahkan goal bulanan di halaman depan Bujo agar tidak terlalu kosong.


2. Bullet Journal Monthly Oktober

Bullet Journal Monthly Oktober

Oktober adalah bulan kelahiranku, oleh sebab itu aku terinspirasi menghias Bujo Monthly dengan dekorasi perayaan ulang tahun. Kamu juga bisa melakukan ini di bulan kelahiran mu.


3. Bullet Journal Monthly November

Bullet Journal Monthly November

Masih dalam suasana musim gugur di negara-negara bagian Utara sana. Musim jamur-jamur liat tumbuh dengan indahnya. Aroma musim gugur penuh jamur yang istimewa ini memenuhi explore Instagram ku. So aku menghias Bujo Monthly bulan ini dengan gambar jamur dan menggunakan pewarna seadanya.


4. Bullet Journal Monthly Desember

Bullet Journal Monthly Desember

Desain sederhana bulan ini warna hijau dan merah. Terinspirasi dengan budaya bulan penghujung tahun yang penuh nuansa suka cita Natal. Dua warna ini ekonomis karena kamu hanya perlu pulpen yang memiliki banyak warna dalam satu pulpen, biasanya tidak terlewatkan warna hijau dan merah disana.


Akhir Kata …

Demikian Ide Bullet Journal Spread Monthly Sederhana, semoga bermanfaat. Tidak apa-apa jika gambar Bujo mu tidak serapih dan bagus seperti orang lain. Karena Bujo itu milikmu sendiri. Tidak perlu malu, jika sudah terbiasa membuat Bujo, seiring waktu desain Bujo mu akan bagus dengan sendirinya. Nikmati proses perjapan journaling mu.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.