Hal-hal Berikut Bikin Kamu Makin Cakap Digital

202 juta pengguna internet di Indonesia adalah angka yang fantastis. Dimana sebagian besarnya didominasi oleh pengguna jaringan telepon selular, lalu ada pula jaringan internet kantor, serta wifi rumah.

Dunia saat ini memang sedang mengalami perkembangan teknologi kearah digital secara massif. Pandemi yang hingga kini masih menjadi perhatian dunia merupakan salah satu aspek yang menciptakan loncatan tersebut. Perubahan teknologi informasi tersebut memengaruhi banyak lini kehidupan, hingga menjadi gaya hidup. Gaya hidup menjadi serba digital dengan menawarkan kemudahan dan kepraktisan dalam melakukan berbagai aktivitas.

Sebut saja sosial media, Youtube dan mesin pencarian, diakses oleh manusia mulai dari bagun tidur sampai mau tidur lagi. Yang sederhana saja kamu kini jadi terbiasa membagikan banyak hal di akun sosmed mu, baik foto, tulisan mengenai kondisi terkini kamu, hingga masalah yang terjadi dalam hidupmu. Ya, benar manusia tidak bisa lepas dari perangkat serba elektronik.

Dampak Positif Era Digital

Era digital membawa banyak dampak positif tidak hanya aktivitas manusia menjadi lebih mudah dan praktis. Adapun diantaranya:

  • Informasi yang dibutuhkan dapat lebih cepat dan lebih mudah dalam mengaksesnya.
  • Tumbuhnya inovasi dalam berbagai bidang yang berorientasi pada teknologi digital yang memudahkan proses dalam pekerjaan kita.
  • Munculnya media massa berbasis digital, khususnya media elektronik sebagai sumber pengetahuan dan informasi masyarakat.
  • Meningkatkan sumber daya manusia melalui pengembangan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.
  • Munculnya berbagai sumber belajar seperti perpustakaan online, media pembelajaran online, diskusi online yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan.
  • Munculnya e-bisnis seperti toko online yang menyediakan berbagai barang kebutuhan dan memudahkan mendapatkanya.

Dampak Negatif Era Digital

Tidak hanya dampak positif, secara bersamaan era digital juga membawa dampak negatif, diantaranya sebagai berikut:

  • Ancaman akan hoax, pornografi dan perjudian.
  • Ancaman pelanggaran kekayaan intelektual karena akses data yang mudah, menyebabkan aksi plagiatis.
  • Ancaman kecanduan teknologi digital menyebabkan pola pikir tanpa pertimbangan, berkurangnya konsentrasi dan kesehatan, budaya malas gerak (mager).
  • Ancaman penyalahgunaan pengetahuan untuk melakukan tindak pidana kejahatan dunia maya.
  • Ancama penyebaran ideologis dan propaganda secara sistematis.
  • Ancaman penurunan moralitas di kalangan masyarakat menjadi salah satu tantangan sosial budaya yang serius.

Teknologi akan terus bergerak, ia ibarat arus laut yang terus berjalan ditengah-tengah kehidupan manusia. Maka tidak ada pilihan lain selain menguasai dan mengendalikan teknologi dengan baik dan benar, supaya memberi manfaat yang sebesar-besarnya.

Makin Cakap Digital

Kecakapan digital (Cakap Digital) adalah kemampuan individu dalam mengetahui memahami dan menggunakan perangkat keras dan lunak dalam lanskap digital, mesin pencari, aplikasi dan transaksi digital. Maka dari itu kita perlu menguasai dan mengendalikan teknologi dan informasi di era digital, sebagai individu yang cakap bermedia digital.

Pemerintah Indonesia memahami cakap digital diperlukan oleh seluruh masyarakat Indonesia yang mengakses internet. Oleh sebab itu Kominfo bersama mengadakan program Pekan cakap Digital untuk seluruh masyarakat. Kegiatan berbentuk webinar dua jam dengan menghadirkan materi yang mengedukasi tentang literasi digital dari narasumber ahli dalam bidangnya.

NETIKET: Etiket Berinternet

Dalam ruang digital kamu akan berinteraksi dan berkomunikasi dengan perbedaan berbagai kultural. Interaksi aka budaya akan menciptakan standar baru tentang etika. Kemudian dengan media digital setiap warganet berpartisipasi dalam berbagai hubungan dengan banyak orang melintasi geografis dan budaya, yang aka denga berbagai cara membagun hubungan lebih jauh dan berkolaborasi dengan orang lain.

Maka, seperti dalam kehidupan bermasyarakat di dunia nyata yang terdapat etis atau sesuai etika. Dalam dunia digital, segala aktivitas digital memerlukan etika digital. Ada empat hal yang menjadi ruang lingkup etika digital.

Pertama, kesadaran yakni melakukan sesuatu dengan sadar atau memiliki tujuan. Tanggung Jawab, yakni kemampuan menanggung konsekuensi dari perilakunya. Ketiga, Integritas yang merupakan kejujuran, menghindari plagiasi, manipulasi dan sebagainya. Keempat, Kebajikan yaitu hal-hal yang bernilai kemanfaatan, kemanusiaan dan kebaikan.

Etika adalah sistem nilai dan norma moral yang menjadi pegangan bagi seseorang atau sekelompok orang dalam mengatur tingkah lakunya. Berlaku meskipun individu sendirian. Adapun etika berinternet yang disampaikan dalam webinar, diantaranya sebagai berikut.

  1. Jangan menggunakan huruf besar/capital.
  2. Apabila mengutip dari internet kutiplah seperlunya.
  3. Memperlakukan email sebagai pesan pribadi.
  4. Berhati-hati dalam melanjutkan email ke orang lain.
  5. Biasakan menggunakan format plain text dan jangan sembarangan menggunakan html.
  6. Jangan kirim file berukuran besar melalui attachment tanpa izin terlebih dahulu dari penerima pesan.

Etiket adalah tata cara individu berinteraksi dengan individu lain atau dalam masyarakat. Berlaku jika individu berinteraksi atau berkomunikasi dengan orang lain. Adapun etika berinternet yang disampaikan dalam webinar, diantaranya sebagai berikut.

  1. Menulis email dengan ejaan yang benar dan kalimat sopan.
  2. Tidak menggunakan huruf kapital semua.
  3. Membiasakan menuliskan subjek email untuk mempermudah menerima pesan.
  4. Menggunakan bcc (Blind Carbon Copy) bukannya cc (Carbon Copy) untuk menghindari tersebarnya email orang lain.
  5. Tidak mengirim email berupa spam, surat berantai, surat promosi dan surat lainnya yang tidak berhubungan dengan mail list.
  6. Menghargai hak cipta orang lain.
  7. Menghargai privasi orang lain.
  8. Jangan menggunakan kata-kata jorok dan vulgar
  9. Jangan menggunakan kata-kata kasar, fitnah dan ujaran kebencian.

Akhir Kata

Memenuhi kebutuhan internet adalah sangat penting. Karena akses informasi adalah salah satu hak yang harus dipenuhi setiap warga negara bahkan hingga ke daerah-daerah pelosok. Mulai dari penggunaan jaringan internet telepon selular, hingga penyediaan wifi di rumah-rumah warga.

Namun ekosistem digital ini perlu menjadi stabil dengan adanya perilaku cakap digital. Warga perlu juga diedukasi terkait pemanfaatan informasi secara bijak sehingga menciptakan sebuah bangsa yang beradab.

Berbicara soal wifi rumah, Telkom Group memiliki produk yang cukup mumpuni dalam menunjang kebutuhan dunia maya. IndiHome memiliki jaringan yang cukup luas sehingga berada di berbagai daerah. Tentunya cocok buat wifi rumah kita agar kita dapat selalu memperoleh informasi terbaru dan perkembangan era digital.

Dengan layanan wifi rumah dari IndiHome tentunya warga seperti kita juga dapat teredukasi dengan memanfaatkannya untuk memperoleh informasi. Tentunya informasi yang sifatnya positif. Karena dengan menggunakan internet secara bijak kita juga berkontribusi dalam menciptakan sebuah bangsa yang beradab.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.