Journaling Pertama di Tahun 2023

Hallo semua…
Masih dalam suasana tahun baru. Walau sangat terlambat, aku mau mengucapkan selamat tahun baru untuk kamu semua yang pembaca. Semoga tahun ini membawa kita pada jalan yang berbunga. Aamiin.

Well, seperti bulan-bulan biasanya. Awal bulan selalu aku sambut dengan membuat journal bulanan. Membuat jurnal membantu aku menumbuhkan rasa siap menghadapi tiga puluh hari kedepan pertama di tahun 2023. Ketika perasaan siap sudah ada, perasaan siap tersebut menghadirkan perasaan optimis. Jadi jurnal juga bagian dari terapi aku untuk menghadirkan rasa optimisme hidup.

Baca Juga: Perjalanan 365 hari Kami dan Pertanyaan Untuk Pasangan

Di dalam jurnal bulanan yang aku buat terdiri dari beberapa bagian-bagian. Diantaranya bagian cover Bullet Journal Spread, Monthly Log, Small, Habit Tracker, Dzikir Tracker, Weekly. Tiap bulannya bagian-bagian tersebut berbeda bentuk dan tata letak. Mengikuti kebutuhan, mood dan daya kreatifitas aku.

Journal January 2023

Sudah lama aku melakukan aktivitas journaling semacam ini. Sejak tahun 2020, hanya saja selama ini aku merasa masih pemula dalam hal menjurnal dan belum tahu apa yang dapat aku bagikan ke kamu mengenai kegiatan journaling yang aku lakukan. Selain itu perasaan takut salah pun cukup mempengaruhi aku dan urung menuliskan kegiatan ini di blog.

But, this is 2023. Aku merasa perlu mengambil langkah berani menuliskan kegiatan journaling yang sudah kurang lebih tiga tahun aku lakukan di blog. Pertama sebagai terapi langkah ‘berani’ di tahun yang aku lumayan merasa pesimis. Kedua, supaya blog ada isinya. Ketiga, supaya kamu ada bahan bacaan. Hahaha. So, well. Kita mulai pembahasannya.


Cover Bullet Journal Spread Monthly

Cover Journal January 2023
Konsep Cover Bullet Journal Januari 2023 ini aku mengusung konsep floral

Paling pertama dimulai dari membuat cover/layout bullet jurnal. Cover Bullet Journal terdiri dari konsep tema yang kamu ingin pakai, seperti konsep gambar, pilihan warna dan jenis tulisan. Kemudian terdiri dari gambar kotak kalender bulan Januari.

Konsep Cover Bullet Journal Januari 2023 ini aku mengusung konsep floral. Filosofi dari kehidupan. Aku berharap kehidupan 2023 tumbuh bersemi indah seperti tumbuhan di musim semi dan penuh bunga-bunga. Gambar bunganya pun aku pilih gambar minimalis, sederhana tapi tetap cantik.

Pilihan warnanya aku menggunakan warna yang ada. Jenis tipe tulisan aku pilih tipe handlettering jenis Handwritten, yang memiliki bentuk huruf bersambung kecil ramping. Kata yang digunakan untuk cover biasanya “Welcome (nama bulan)” atau “Hello (nama bulan)”. Tapi kamu bisa juga loh menambah quote jika ingin. Bebas, sekreatifmu.


Monthly Log

Monthly Log min
Monthly Log “Catatan Bulanan”

Monthly Log yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti “Catatan Bulanan”. Monthly Log merupakan komponen yang diset setiap bulannya sebagai tempat untuk mencatat kebutuhan selama satu bulan mendatang. Ada macam-macam bentuk monthly log, namun umumnya yang banyak digunakan ada dua bentuk, yaitu; Grid (kotak-kotak) dan List (Baris dari atas kebawah).

Aku selalu menggunakan bentuk monthly log Grid, kotak-kotak. Kotak mengikuti tanggal pada bulan Januari 2023. Diberi kota besar sebagai ruang untuk menuliskan catatan bulan. Punyaku isi catatannya, berupa peristiwa yang berkesan dihari itu.


Small Wins

Fungsinya untuk merekam pencapaian kecil dalam bentuk catatan
Small Wins (Progres kecil pun tetaplah progress)

Komponen Small Wins ini baru aku pakai di bulan Oktober 2022. Komponen journaling yang aku temukan dari YouTube Kak Grisselda Nihardja. Fungsinya untuk merekam pencapaian kecil dalam bentuk catatan, sebab progres kecil pun tetaplah progres. Aku sepakat menggunakan bagian Small Wins ini sebab dapat meningkatkan keberhargaan diri, sehingga aku punya data fakta bahwa aku telah menciptakan banyak pencapaian-pencapaian kecil.


Habit Tracker

Habit Tracker atau Pelacak Kebiasaan
Habit Tracker

Habit Tracker apabila diartikan ke dalam bahasa Indonesia, memiliki arti ‘Pelacak Kebiasaan’. Habit Tracker (pelacak) merupakan catatan tentang kebiasaan yang proses dan perkembangannya dapat dilihat dan dilacak.

Buatku bagian Habit Tracker ini sejalan dengan kata-kata seorang Tokoh, aku lupa namanya siapa. Dia mengatakan: “Segala sesuatu yang tidak dapat diukur maka tidak dapat diatur”. Bagaimana aku bisa mengatur progres dalam hidupku jika aku tidak dapat mengukur tiap-tiap progres tersebut. Itulah mengapa journal Habit Tracker penting untukku.

Jenis kebiasaannya dapat kamu tentukan menyesuaikan kebutuhan ataupun nilai hidup yang sedang kamu usaha tumbuhkan. Punyaku jenis kebiasaan berdasarkan dari 2 nilai hidup, yakni nilai spiritual dan kesehatan. Maka dalam Habit Tracker milikku, sebelah kiri jenis kebiasaan kegiatan spiritual dan sebelah kanan kebiasaan kegiatan kesehatan fisik dan mental. Kalau kamu, do you do ya..^⁠_⁠^


Dzikir Tracker

Pakai Dzikir Tracker untuk menambah kegiatan berdzikir
Dzikir Tracker

Bagian ini fungsinya sama dengan Habit tracker. Hanya saja khusu melacak kegiatan berdzikir. Komponen Dzikir Tracker merupakan inovasi yang aku lakukan di bulan ini dari hasil improvisasi dalam perjalanan menjurnal selama 2 tahunan. Sebelumnya dzikir tracker masuk kebagian amal Yaumi tracker. Akibat pusing melihat list amal Yaumi yang banyak, terpikir memecahkannya menjadi Dzikir Tracker.

Isi dzikir tracker bisa disesuaikan dengan dzikir andalanmu. Tidak harus sama. Seperti jika dzikir pagi petangmu Almasurat, ya sudah lakukan. Kamu tidak perlu mendadak ganti Ratib setelah melihat milikku. Poin di bagian ini adalah dzikir yang konsistensi nya berusaha aku jaga dan aku disiplinkan.


Weekly Planner

Weekly Planner merupakan bagian mencatat kegiatan selama seminggu kedepan
Weekly Planner

Weekly Planner merupakan bagian mencatat kegiatan selama seminggu kedepan. Terdiri dari, paling atas kolom untuk mencatat janji. Ditulis jam dan keterangan. Kedua yakni Highlight, sorotan peristiwa atau kegiatan hari itu. Kemudian dibawahnya lagi to do list, list kegiatan yang akan kita lakukan pada hari itu. Day log, catatan aktivitas harian.

Selain itu Weekly Planner juga terdapat paling atas pojok kiri yaitu Goal, tujuan yang akan kita capai di waktu seminggu kedepan. Kemudian terdapat kolom afirmasi, sebagai penyemangat. Paling bawah, kolom buku bacaan yang kita baca pada pekan itu.

Model Weekly Planner yang aku gunakan terinspirasi dari gaya Weekly Planner milik kak Grisselda Nihardja. Aku suka Weekly Planner tersebut, detail, ringkes dan jelas. Aku menggunakan Weekly Planner ini sejak September 2022. Dengan semua itu hidupku memiliki clarity (Kejelasan). Punya clarity memberikan aku kekuatan untuk hidup.


Akhir Kata …

Sampai juga kita pada penghujung artikel. Itu dia cerita journaling pertama di tahun 2023 yang dapat aku bagikan ke kamu. Aku berharap wawasan tersebut bermanfaat. Semua yang aku tampilkan disini insyaallah tidak ada dan tidak terbersit untuk pamer ataupun riya. Semata-mata untuk berbagi dan berharap hal tersebut bermanfaat bagi pembaca. Akupun berlindung kepada Allah dari perasaan dan prasangka riya. Aamiin.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.