Syarat Mengajukan Seminar Proposal Fisip Untan

Seminar proposal atau yag lebih dikenal dengan singkatan sempro adalah bagian lanjutan untuk mempresentasikan rancangan skripsi yang terdiri dari bab 1, bab 2 dan bab 3. Pada Pelaksanaan seminar proposal, Dosen Penguji dan Dosen Pembimbing diundang hadir untuk mendengarkan mahasiswa menjelaskan rancangan penelitian yang akan dikerjakan. Menguji rancangan tersebut dan juga Dosen akan memberikan masukan sehingga mahasiswa bisa melakukan penelitian yang baik sesuai dengan kaidah metode penelitian.

Tujuan seminar proposal skripsi adalah agar mahasiswa memperoleh masukan dari Dosen Pembimbing dan Dosen Penguji dalam menyempurnakan rencana penelitian yang akan diambil sebagai topik skripsi. Namun untuk lanjut ke tahap mempresentasikan rencana penelitian dibutuhkan beberapa syarat.

Setiap universitas atau perguruan tinggi memiliki alur dan syarat masing-masing sesuai dengan ketentuan yang dibuat. Bahkan satu Universitas beda Fakultas saja syarat dan alur seminar proposal bisa berbeda. Di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura atau yang biasa disebut Untan alur dan syarat seminar proposal akan dijelaskan secara detail dalam artikel ini. So, keep reading ya. 🙂

Alur dan Syarat Pengajuan Seminar Proposal

Syarat pengajuan seminar proposal Fisip Untan dapat kita lihat di Mading jurusan yang terdapat di lorong masing-masing Jurusan di Fisip Untan atau Mading-Mading lainnya yang ada di area kampus Fisip. Melalui artikel ini saya ingin membantu kamu agar kamu cepat mengetahui syarat dan alur seminar proposal di Fisip.

Perlu diketahui informasi mengenai syarat seminar proposal pada artikel ini valid, bersumber dari akademik Kampus Fisip Untan.

Syarat Pengajuan Seminar Proposal Fisip Untan

Syarat-syarat yang dibutuhkan untuk mengajukan seminar proposal di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tanjungpura Kalimantan Barat sebagai berikut.

  1. Desain Penelitian yang telah disetujui Dosen Pembimbing (di jilid).
  2. SK Pembimbing Seminar Desain Penelitian (Asli).
  3. Transkip Nilai Disetujui Dosen PA (Asli) 130 SKS.
  4. LIRS yang telah ditandatangani Dosen PA.
  5. Fotokopi KTM.
  6. Fotokopi Kartu Tama Baca Fisip (Kartu Anggota Perpus Fisip).
  7. DHK (Daftar Hadir Kuliah) Seminar (5x) Asli.
  8. 1 kali menjadi Notulen (yang dibuktikan dengan fotokopi lembar catatan sebagai notulen, yang ditandatangani oleh notulen).
  9. Map Biru  tua 1 buah.

Alur Pengajuan Seminar Proposal Fisip Untan

Ada beberapa hal yang kamu harus pastikan sebelum maju mengajukan ujian seminar proposal adalah sebagai berikut.

  1. Pertama-tama pastikan kamu sudah menyelesaikan 130 sks.
  2. Kemudian siapkan lembar SK Pembimbing. Apabila kamu lupa menaruh SK Pembimbing kamu, maka carilah dahulu dan simpan di tempat yang kamu mudah ingat.
  3. Pastikan kamu sudah menonton seminar proposal mahasiswa lain sebanyak lima kali, dan kehadiran kamu dibuktikan dengan DHK yang ditandatagani kamu dan Dosen yang hadir saat seminar tersebut. Serta pernah satu kali menjadi notulen di seminar proposal mahasiwa lain. Jadi lembar catatan notulen yang kamu isi, kamu minta fotokopi sebagai bukti bahwa kamu pernah  menjadi notulen untuk syarat seminar.
    Tips dari saya sebaiknya kamu perlu menonton seminar mahasiswa lain saat kamu sedang dalam proses bimbingan desain penelitian dan pernah menjadi notulen pada seminar proposal mahasiswa lain.
  4. Berikutnya, pastikan kamu telah selesai melakukan bimbingan desain penelitian atau bimbingan proposal dengan Dosen Pembimbing Utama dan Dosen Pembimbing Pendamping. Serta desain penelitian kamu disetujui Pembimbing, ditandai dengan lembar persetujuan kamu yang terdapat dua kolom tanda tangan Dosen Pembimbing yang telah ditandatangani. Nah, ini yang disebut dengan Proposal penelitia kamu telah di ACC.
  5. Setelah kamu memperoleh ACC proposal. Langkah selanjutnya kamu pergi ke akademik loket yang melayani Jurusan masing-masing, sampaikan pada staf di sana jika kamu memerlukan Transkip Nilai dan LIRS (Lembar Isian Rencana Studi yang dikeluarka oleh akademik)  untuk seminar.

    Biasanya, kamu akan disuruh menuliskan Tanggal, Nama, Nim, apa yang kamu minta (dalam hal ini Transkip Nilai dan LIRS), dan untuk keperluan apa (dalam hal ini seminar) pada sebuah buku. Jika sudah mengisi, kembali lah lagi ke akademik setelah beberapa hari.

    Perlu kamu ketahui LIRS atau Lembar Isian Rencana Studi) yang menjadi syarat seminar adalah LIRS yang dikeluarkan oleh Akademik. Bukan LIRS yang kamu unduh dari SIAKAD dan kamu cetak sendiri. Bedanya adalah pada LIRS yang dikeluarkan akademik sudah ditandatangani oleh Kasubag Pendidikan Fakultas.

    Tips dari saya, datang ke akademik untuk meminta transkip pada jam pelayanan Pagi, yakni sekitar jam 10-11, sebaiknya pada hari senin dan datang kembali setelah dua hari. Namun  jika kamu memperoleh ACC pada hari Rabu/Kamis sebaiknya kamu datang hari Kamis/Jumat di jam pelayanan pagi. Supaya kamu bisa cek ketersedian transkip kamu di hari senin siang, yakni jam 1 siang. 
  6. Setelah kamu memperoleh LIRS dari akademik, buat lah janji dengan Dosen PA minta tanda tangan (TTD) LIRS dan Transkip Nilai.
  7. Kemudian setelah mendapatkan TTD Dosen PA. Kamu ke kampus lagi, bawa Transkip Nilai dan LIRS ke ruang Tata Usaha untuk minta CAP pada bagian yang telah ditanda tangan oleh Dosen PA.
  8. Selanjutnya, setelah selesai minta CAP. Pergilah ke tempat fotokopi. Kamu perlu memfotokopi beberapa syarat seminar, diataranya: fotokopi KTM dan Kartu Tama Baca Fisip (Kartu anggota perpustakan Fisip). Oh ya, Kamu perlu fotokopi SK Pembimbing kamu sebagai arsip ya, sebab fotokopi SK Pembimbing ini masih diperlukan untuk mendaftar Sidang.
  9. Terakhir, jika telah selesai melakukan semua alur diatas dan telah mengumpulkan semua berkas syarat seminar, satukan kedalam sebuah map. Khusus FISIP menggunakan map kertas berwarna biru tua. Kamu telah siap mendatar seminar Proposal.
  10. Bawa Map yang berisikan berkas syarat seminar ke loket Jurusan masing-masing, lalu datar. Setelah itu kamu tinggal mengikuti prosedur selanjutnya yang diarahkan oleh staf yang bertugas.

Menyelesaikan 130 SKS membutuhkan waktu yang panjang oleh sebab itu pastikan tidak ada mata kuliah yang tertinggal. Jika terdapat Makul dengan nilai E atau D, sebaiknya kamu segera ambil semester pendek. Atau pun mengulang pada semester selanjutnya.

Demikian lah syarat mengajukan seminar proposal Fisip Untan ada sembilan syarat dan sepuluh alur yang kamu harus lakukan. Pastikan juga untuk tidak lupa mengirimkan undangan seminar proposal untuk Dosen Pembimbing dan Pembahas nantinya ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu memudahkan menyelesaikan tugas akhir.

Pesan dariku, tetap semangat. Jangan berhenti. Jika lelah istirahat, tapi jaga berhenti.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.